TAUSYIAH

  • Pendidikan Anak Usia Dini

    Oleh : Ustadzah Aan Rohana, M.Ag

    Usia anak 0 - 5 tahun dalam dunia pendidikan dianggap masa2 usia emas. Maka para orang tua harus pandai memanfaatkan peluang untuk memberikan pendidikan terbaik di usia tersebut.
    Pastikan bahwa pendidikan yg diberikan harus :
    1. Pendidikan yang sinergis antara kecerdasan ruhani, akal, fisik dan sosial agar anak memiliki kecerdasan lahir dan batin dan memiliki kecakapan bersosial .
    2. Pendidikan diberikan seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat, sehingga bisa menampakkan perubahan secara kualitatif dan kuantitatif , menunjukkan adanya perkembangan skill, struktur dan fungsi tubuh , serta kematangan anak sesuai dengan usianya.
    3. Rajin memberikan stimulan dan pembelajaran kepada anak, karena anak usia dini memiliki kemampuan belajar melalui penglihatan, pendengaran dan Indra lainnya serta bisa belajar merespon berbagai informasi dengan cara sistematis.
    4. Mengembangkan kemampuan kognitifnya sehingga anak bisa mempelajari dan menyimpan pengetahuan serta memikirkan lingkungannya.
    5. Memberikan pendidikan gerakan motorik kasar ( gerakan tubuh menggunakan otot2 besar ) sehingga tubuh bisa bergerak dengan lincah dan kuat, juga memberikan pendidikan gerakan motorik halus ( gerakan tubuh menggunakan otot2 halus sehingga bisa menulis, mewarnai, menggambar, menggunting, menyusun balok dll )
    6. Memberikan seluruh kebutuhan anak :
    a. Kebutuhan fisik ( ASI, gizi yg sesuai, pembentukan imunitas yg lengkap, pengobatan dan lingkungan rumah yg layak serta bersih.
    b. Kebutuhan emosi : perhatian, cinta, kasih sayang dan kelembutan.
    c. Kebutuhan mental :
    Membacakan doa2, zikir , memperdengarkan ayat2 alquran, hadits2 pendek, membacakan kisah2 para nabi dan keluarganya, para sahabat dan salafus shalih.